Kunci Dasar Gitar, Satu dari Sekian Banyak Metode yang Harus Dikuasai Pemula

Gitar menjadi instrumen utama beragam lagu dan musik yang tengah populer. Keadaan tersebut banyak menuntun penggila musik khususnya anak-anak muda untuk menguasai permainan gitar. Dari sekian banyak upaya yang harus dilakukan untuk dapat bermain gitar, kunci dasar gitar merupakan satu hal penting untuk dikuasai ketika belajar bermain gitar.

Kenapa kunci dasar? Dibanding kunci mayor atau minor yang banyak digunakan musisi untuk mengiringi lagu, kunci dasar memiliki tingkat kerumitan yang terbilang mudah. Biasanya, kunci dasar gitar hanya menggunakan 3 grip utama sebagai wahana penggunaannya, sementara kunci mayor atau minor atau yang dikenal sebagai kunci gantung sangat lah variatif. Meskipun demikian, lantunan suara yang dihasilkan oleh kunci dasar tidak kalah merdu dengan kunci gantung – asal dilakukan dengan saksama.

Umumnya, Gitar memiliki 6 senar yang masing-masing memiliki jenis dan fungsinya sendiri. Untuk kunci dasar, biasanya hanya menggunakan 3 senar tertentu untuk digunakan. Senar paling bawah terbilang paling kecil dan kemudian membesar pada senar kedua dan seterusnya.

Chord Gitar

Untuk pengenalan, kunci dasar gitar terbagi menjadi dua: kunci dasar biasa dan kunci gitar minor. Keduanya memiliki varian dari kunci A sampai Kunci G. Kunci utama yang paling umum dan sering digunakan ketika mengiringi sebuah lagu adalah kunci A mayor, C mayor, D mayor, E mayor, dan G mayor. Kelima kunci tersebut umum ditemui dalam sebuah lagu. Untuk mengetahuinya, mari simak ulasan singkat mengenai chord gitar yang biasa digunakan di bawah ini.

Kunci dasar A untuk mereka yang tengah belajar gitar bagi pemula terbilang mudah dilakukan. Kamu cukup menekan senar nomor 2, nomor 3, dan nomor 4 pada grip dua masing-masing menggunakan satu jari. Ketika jari menekan senar, biasakan agar jari yang satu tidak turut menekan senar yang lain. Hal ini akan membuat lantunan suara yang dihasilkan tidak mendem.

Baca Juga :  6 Drama Korea Romantis yang Wajib Kamu Tonton

Kunci dasar C juga tidak rumit penggunaannya. Gunakan 3 grip dengan masing-masing untuk menekan satu senar. Grip paling ujung, untuk menekan senar nomor dua, grip berikutnya untuk menekan senar nomor tiga, dan selanjutnya untuk menekan senar nomor empat. Dapat dibilang, kunci dasar C terlihat seperti tangga.

Kunci dasar D dilakukan dengan menekan senar nomor 1, 2, dan 3. Kunci dasar ini dilakukan di grip nomor 2 dan 3. Untuk senar nomor 1 dan 3 ditekan pada grip dua, sementara senar nomor 2 ditekan pada grip 3. Bagi kamu yang memiliki jari lumayan besar, mungkin perlu ketekunan lebih untuk mahir menggunakan kunci D.

Kunci dasar E dilakukan dengan menekan senar nomor 3, 4, dan 5. Pada kunci dasar ini, senar nomor 4 dan 5 ditekan pada grip nomor dua sementara senar 3 ditekan pada grip nomor 1. Sementara itu, kunci dasar G dilakukan dengan menekan senar nomor 1, 5, dan 6. Senar nomor 1 ditekan di grip 3, begitu juga senar nomor 6. Untuk senar nomor 5 ditekan pada grip 2.

Kunci Dasar Gitar

Demikianlah sebagian besar dari kunci atau chord dasar gitar yang wajib diketahui bagi pemula. Jika kamu mengetahui lagu band Kuburan yang berlirik C, Am, D, ke G, ke C lagi mungkin dapat diterapkan karena sangat mudah sehingga kamu akan terbiasa dalam menggenjreng/memetik senar gitar. Selamat mencoba!