Penuhi Asupan Kebutuhan Asam Folat untuk Kesehatan Keluarga

Nama “Asam Folat” sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat, termasuk Bunda bukan? Pasalnya, asam folat sudah seperti suplemen “wajib” bagi wanita yang sedang hamil atau merencanakan kehamilan. Namun, pada dasarnya, asam folat bukan hanya penting bagi wanita yang sedang hamil atau merencanakan kehamilan saja. Asam Folat juga memiliki banyak peran penting bagi kesehatan.

Asam Folat merupakan nama lain dari vitamin B9. Di dalam tubuh manusia, asam folat berperan dalam pembentukan DNA, pembentukan sel-sel baru, serta mencegah terbentuknya sel kanker. Sejak tahun 1998, asam folat telah ditambahkan di berbagai bahan makanan seperti sereal, roti, biskuit, tepung, dan pasta. Secara alami asam folat dengan kadar tinggi terkandung di dalam sayuran hijau seperti brokoli, bayam, dan selada, buah-buahan seperti pisang, melon dan lemon, kacang-kacangan, ragi, jamur, hati dan ginjal sapi.

Penuhi Asupan Kebutuhan Asam Folat untuk Kesehatan Keluarga

Kegunaan Asam Folat

asam folat

Selain berperan dalam pembentukan DNA, sel-sel baru, dan mencegah terbentuknya sel kanker, asam folat juga memiliki berbagai fungsi untuk mengatasi permasalahan di dalam tubuh manusia.

Defisiensi Folat

Defisiensi folat dapat menyebabkan anemia megaloblastik yang membuat penderitanya kelelahan, sulit berkonsentrasi, sakit kepala, mudah marah lemah, sesak napas, dan jantung berdebar. Mengonsumsi suplemen asam folat atau makanan yang mengandung asam folat, dapat meningkatkan kadar folat dalam tubuh.

Kadar homosistein yang tinggi di dalam darah

Sekitar 85% dari penderita penyakit ginjal memiliki kadar homosistein yang tinggi. Selain itu tingginya kadar homosistein dalam darah juga dapat menjadi penyebab masalah jantung dan stroke. Mengonsumsi asam folat dapat menurunkan kadar homosistein 20-30%.

Toksisitas yang disebabkan oleh obat methotrexate

Baca Juga :  5 Obat Batuk Alami Anti Gagal

Konsumsi asam folat dapat mengurangi mual dan muntah yang disebabkan oleh terapi obat methotrexate.

Masalah kehamilan

asam folat

Wanita yang sedang hamil dianjurkan untuk memperhatikan asupan asam folat untuk mencegah terjadinya miscarriage (kematian janin sebelum usia 20 minggu) dan Neural tube defect (terganggunya pembentukan tabung saraf yang menyebabkan tidak gangguan terbentuknya otak dan sumsum tulang belakang pada janin). Wanita hamil dianjurkan untuk mengonsumsi 600-800 mcg asam folat per hari mulai dari 1 bulan sebelum kehamilan dan selama kehamilan.

Gangguan penglihatan

Mengonsumsi asam folat bersama dengan vitamin lainnya seperti vitamin B6 dan vitamin B12 dapat mengurangi risiko perkembangan gangguan rabun mata di usia tua

Depresi

Konsumsi asam folat dapat meningkatkan pengaruh antidepresan dalam mengurangi gejala depresi.

Darah tinggi

Konsumsi asam folat minimal 6 minggu dapat menurunkan tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi. Namun konsumsi asam folat tidak meningkatkan kinerja obat-obatan penurun tekanan darah.

Konsumsi asam folat tidak efektif untuk beberapa masalah tubuh seperti anemia yang disebabkan oleh defisiensi zat besi, kanker payudara, penyakit jantung, katarak kelelahan kronis, diare, kematian bayi prematur, leukimia, toksisitas obat lometrexol, osteoporosis, infeksi tenggorokan, alzeimer, autism, talasemia, bipolar, kanker serviks, kanker usus besar, diabetes, epilepsi, kanker esofagus, gangguan pendengaran, ketidaksuburan pada pria, dan sebagainya.

Dosis yang Dianjurkan

Dosis normal yang dianjurkan berbeda-beda tergantung usia dan kondisi. Berikut merupakan dosis konsumsi asam folat yang dianjurkan oleh institusi kesehatan.

Tabel 1. Dosis normal konsumsi asam folat yang dianjurkan setiap hari

UsiaPriaWanitaHamilMenyusui
0-6 bulan65 mcg DFE65 mcg DFE
7-12 bulan80 mcg DFE80 mcg DFE
1-3 tahun150 mcg DFE150 mcg DFE
4-8 tahun200 mcg DFE200 mcg DFE
9-13 tahun300 mcg DFE300 mcg DFE
14-18 tahun400 mcg DFE400 mcg DFE600 mcg DFE500 mcg DFE
19 tahun ke atas400 mcg DFE400 mcg DFE600 mcg DFE500 mcg DFE
Baca Juga :  5 REKOMENDASI RICE COOKER TERBAIK

Keterangan:

1 mcg DFE = 1 mcg asupan folat = 0,6 mcg asam folat dari makanan atau suplemen yang dikonsumsi dengan makanan= 0,5 mcg asam folat dari suplemen yang dikonsumsi saat perut kosong.

Sumber Asam Folat

asam folat

Asam folat secara alami tersedia di dalam berbagai sumber makanan. Berikut merupakan sumber makanan yang mengandung asam folat beserta kadarnya.

Tabel 2. Sumber makanan yang mengandung asam folat

Jenis makananKadar (mcg) per sajian
3 ons hati sapi, direbus215
½ mangkuk bayam, direbus131
½ mangkuk Kacang polong mata hitam, direbus105
Sereal100
½ cup nasi90
4 batang asparagus, direbus89
1 mangkuk selada air64
½ mangkuk Alpukat59
1 mangkuk bayam mentah58
½ mangkuk brokoli, direbus52
1 pisang medium24
1 telur rebus ukuran besar22

 

Itulah sederet ulasan terkait manfaat asam folat bagi kesehatan tubuh. Perhatikan dan penuhi asupan asam folat Bunda dan keluarga demi hidup sehat bahagia bersama.

Rekomendasi asam folat ibu hamil bisa dicek di sini.