5 Obat Batuk Alami Anti Gagal

Salah satu mekanisme alami tubuh saat ada benda asing, virus, dan bakteri yang masuk ke dalam tenggorokan atau kerongkongan adalah dengan batuk. Dengan kata lain, batuk adalah alarm yang dapat mengeluarkan benda asing dari dalam tubuh. Sayangnya, banyak orang yang justru beranggapan bahwa batuk adalah suatu penyakit. Banyak orang yang langsung minum obat kimia atau bahkan antibiotik untuk mengatasi batuk yang dialaminya. Padahal, batuk dapat diatasi dengan mengonsumsi obat batuk alami. Obat batuk alami dapat membantu kita mengurangi rasa nyaman akibat batuk. Keuntungan lainnya, obat batuk alami ini dapat dengan mudah kita temukan di sekitar kita. Berikut ulasan kami tentang obat batuk alami anti gagal untuk Anda.

 

obat batuk alami

 

5 Obat Batuk Alami Anti Gagal

  1. Air Putih Hangat

Ketika Anda batuk, jangan terburu-buru untuk langsung minum obat batuk. Anda cukup mengonsumsi air putih hangat dalam jumlah yang lebih banyak daripada biasanya. Air putih hangat dapat membantu mengencerkan dahak yang ada di kerongkongan Anda. Selain itu, air putih hangat dapat membuat sensasi nyaman di kerongkongan sehingga menghindari iritasi dan membuat batuk berkurang. Untuk sementara waktu, Anda sebaiknya juga menghindari minuman dingin atau es yang terlalu manis karena dapat meningkatkan rasa tidak nyaman di kerongkongan akibat rasa gatal yang ditimbulkan.

 

  1. Kencurobat batuk

Selain banyak mengonsumsi air putih hangat, obat batuk alami yang dapat Anda konsumsi untuk meredakan batuk adalah kencur. Salah satu bumbu dapur rimpang-rimpangan ini dapat memberikan rasa hangat dan nyaman di kerongkongan. Cara mengonsumsinya pun sangat mudah. Siapkan beberapa kencur sepanjang ruas jari, kemudian kupas semua kulitnya hingga bersih. Langkah selanjutnya, cuci bersih semua kencur yang telah dikupas tersebut dan parut dengan menggunakan parutan dan sisihkan. Setelah itu, siapkan saringan dan wadah bersih. Setelah siap, saring parutan kencur tersebut sehingga air sarinya dapat tertampung di wadah. Anda dapat menambahkannya dengan sedikit air hangat dan air kencur pun siap dikonsumsi untuk meredakan batuk Anda.

Baca Juga :  Penuhi Asupan Kebutuhan Asam Folat untuk Kesehatan Keluarga

 

  1. Buah Nanas

Obat batuk alami lainnya adalah dengan mengonsumsi buah nanas. Terdapat beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa di dalam buah nanas terdapat kandungan zat yang dapat meredakan batuk, yakni bromelain. Zat bromelain ini dapat mengatasi batuk, khususnya batuk berdahak. Cara kerja zat bromelain adalah dengan meringankan dan mengurangi dahak yang menumpuk di tenggorokan. Anda dapat langsung mengonsumsi buah nanas tersebut atau membuatnya dalam bentuk jus. Namun, hindari membuat jus dengan tambahan gula dan air dingin untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

 

  1. Jahe

Obat batuk alami lainnya yang dapat mengatasi batuk adalah dengan mengonsumsi jahe. Banyak orang yang sudah menggunakan jahe untuk menjadi resep obat batuk secara turun-temurun. Obat tradisional ini memiliki sifat anti bakteri dan dapat meningkatkan suhu tubuh sehingga tubuh dapat terasa lebih hangat. Jahe dapat mengatasi batuk, baik batuk kering maupun batuk berdahak. Air jahe hangat atau yang biasa dikenal dengan “wedang jahe” juga dapat mengurangi sensasi gatal di tenggorokan.

 

  1. Daun Sirih

Cara lain untuk mengatasi batuk adalah dengan mengonsumsi daun sirih. Caranya, Anda dapat merebus daun sirih dengan air. Setelah mendidih, Anda dapat langsung mengonsumsi air rebusan daun sirih tersebut. Daun sirih memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang dapat meredakan batuk. Anda juga dapat menambahkan potongan jahe ke dalam air rebusan tersebut untuk menambahkan cita rasa.