Yuk Coba Cara Membuat Donat Kentang Paling Enak dan Praktis Ini!

Siapa yang tidak kenal donat kentang? Olahan nikmat ini tentu membuat kita penasaran cara membuat donat kentang yang enak dan mudah. Donat kentang memang sangat digemari oleh berbagai kalangan, khususnya anak-anak. Kudapan ini disukai karena bentuknya menarik, rasanya manis, dan teksturnya lembut. Selain itu, pemilihan bahan dari kentang ternyata berpengaruh pada tekstur donat yang menjadi lebih lembut dibandingkan donat dari tepung terigu biasa. Oleh karena itu, bagi penyuka donat kentang, Anda harus mengetahui cara membuat donat kentang yang enak, praktis, dan mudah.

Sebelum berlanjut pada cara dan bahan membuat donat kentang, mungkin Anda penasaran mengapa donat berbentuk bulat dengan lubang di tengahnya. Ternyata bentuk ini mengandung cerita yang menarik. Konon dahulu kala, ada seorang kapten kapal bernama Hanson Gregory. Dia sedang menikmati kue goreng sambil menyetir roda kemudi kapal. Namun tiba-tiba badai besar menerjang kapal sehingga Hanson harus segera mengambil alih roda kemudi. Dalam kondisi terburu-buru dan panik tersebut, Hanson menubrukkan kue gorengnya ke roda kemudi kapal sehingga akibatnya bagian tengahnya bolong. Itulah mengapa hingga saat ini kue donat jadi berlubang di bagian tengahnya.

Kembali lagi dengan resep donat kentang, sebelum membuat donat kentang yang lezat, Anda harus mempersiapkan bahan adonan yang terdiri dari :

  • 500 gr tepung terigu serbaguna
  • 75 gr margarin
  • 200 gr kentang (kupas, kukus, dan dinginkan)
  • 4 butir kuning telur
  • 100 ml air dingin
  • 100 gr gula halus
  • 50 gr susu bubuk
  • 11 gr ragi instan
  • ΒΌ sdt garam
  • 250 gr dark cooking chocolate (untuk topping) atau meises coklat

Kemudian setelah Anda menyiapkan bahan-bahan di atas, Anda bisa mulai membuat donat kentang dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Pertama, campurkan tepung terigu, ragi, dan gula halus ke dalam satu wadah. Bahan yang telah dicampurkan tersebut lalu diaduk sampai seluruh bahan benar-benar tercampur rata. Setelah tercampur rata, masukkan kentang yang sudah dikukus dan didinginkan sebelumnya. Lalu masukkan juga kuning telur ke dalam adonan tadi.
  2. Adonan yang telah dicampur dengan kentang dan kuning telur lalu diaduk sampai rata. Tuangkan air dingin sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil terus diuleni. Lakukan langkah ini terus sampai adonan menjadi kalis dan air dingin habis.
  3. Masukkan margarin dan garam dan kembali aduk sampai tercampur rata. Setelah tercampur rata, diamkan adonan tersebut selama kurang lebih 20 hingga 30 menit dengan kondisi tertutup.
  4. Setelah menunggu sekitar 20-30 menit, adonan donat akan mengembang. Kempiskan adonan tersebut lalu siapkan cetakan donat. Jika Anda tidak memiliki cetakan donat, Anda bisa mencetak adonan sendiri namun hasilnya tidak serapi jika menggunakan cetakan donat khusus. Setelah adonan donat sudah tercetak, diamkan kembali adonan selama 20-30 menit.
  5. Sekitar 20-30 menit didiamkan, adonan donat yang dicetak bisa segera digoreng.
  6. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng dengan api kecil.
  7. Masukkan donat ke dalam wajan perlahan dan satu persatu. Sebaiknya donat jangan dimasak banyak secara langsung.
  8. Adonan donat digoreng hingga berwarna coklat keemasan dan kedua sisinya matang.
  9. Angkat dan tiriskan donat yang sudah matang. Tunggu sekitar 5-10 menit sampai uap panasnya hilang.
  10. Setelah donat digoreng, kini waktunya mempersiapkan topping agar donatnya semakin lezat. Untuk topping coklat, Anda bisa mencairkan dark cooking chocolate. Namun jika Anda ingin topping lainnya yang lebih praktis, Anda bisa menggunakan meises atau gula halus sebagai topping. Jika menggunakan meises, oleskan margarin terlebih dulu di atas donat agar meises menempel pada permukaan donat. Jika menggunakan gula halus, Anda cukup menaburkan gula halus di permukaan donat saja.
Baca Juga :  5 Cara Aman Menghilangkan Warna Semir Rambut yang Efektif